Bilangan FuBilangan Fu by Ayu Utami

My rating: 4 of 5 stars

Ini buku Ayu Utami pertama yang saya baca. Seperti judul dan isinya, buku ini berada dalam batas buku fiksi dan non fiksi. Antara 0 dan 1, alias si bilangan fu.

Saya akui, salah satu buku terberat yang pernah saya baca. Tidak saja harus membuka hati dan pikiran untuk memahami maknanya, selain itu cukup kaya dengan istilah-istilah baku bahasa Indonesia yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. (maklum, bukan pembaca sastra sejati)

Sekalipun begitu, tak seperti biasanya, buku ini sangat memikat bagi saya. Membacanya membuat saya banyak merenung, terbuai dengan macam dongeng lokal yang sebelumnya tak pernah saya tahu, serta tercengang dengan pemikiran Ayu Utami tentang 3M (Monotheisme-Moderenisme-Militerisme) sebagai penyebab keserakahan manusia dan menawarkan pemikiran baru, postmodernisme.

Mengenai alur ceritanya. Cukup menarik dengan kisah cinta segitiga Yuda-Marja-Parangjati, tetapi saya rasa hanya sebagai penyegar. Tak sebanding dengan isu-isu spiritualisme kritis dan pelestarian lingkungan yang diusung buku ini.

Direkomendasikan bagi para penggemar sastra, pemikir kritis, sejarawan dan…. orang-orang fanatik :p

View all my reviews